Pengenalan Mode Jaringan Pada VirtualBox | WaroungTKJ

Pengenalan Mode Jaringan Pada Virtual Box

http://waroungtkj.blogspot.co.id/2017/10/pengenalan-mode-jaringan-pada.html


Pengertian NAT, Bridged Adapter, Internal Network, dan Host-Only di VirtualBox-Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan artikel yang telah saya buat berkaitan dengan Virtualbox yang telah saya sampaikan pada postingan sebelumnya, mengenai Penjelasan Lengkap Dan Fungsi Settingan Pada VMBox dan Review Lengkap Fitur-Fitur Yang Ada Di VirtualBox

Ketika kita membuat atau menginstall virtual machine pada virtualbox, os virtual tersebut dapat kita jalankan layaknya sebuah system operasi real yang dapat terhubung dengan sebuah jaringan computer atau network. Ada beberapa jenis jaringan pada virtual box yang masing-masing jaringan memiliki fungsi yang berbeda-beda, nah pada kesempatan yang baik ini saya akan menjelaskan Fungsi Dari Jaringan-jaringan Pada Virtualbox.

Pada versi virtualbox yang saya jelaskan ini terdapat 4 adapter jaringan yang masing masing adapter terdapat type atau jenis jaringan jaringan, settingan jaringan tersebut dapat kamu akses dengan menekan menu setting di kiri atas jendela Virtualbox > Klik Network, atau cara mudah mengaksesnya yaitu dengan menekan shortcut keyboard Ctrl + S (setting) > Network. Untuk mengakses Network ini pastinya harus memilih VMnya dulu yang akan disetting Networknya.

  

Jenis-Jenis Jaringan Pada Virtualbox



  • NAT (Network Address Translation)


Mode jaringan NAT merupakan mode jaringan yang memungkinkan Komputer Utama (Host) dapat berbagi jaringan Internet kepada Komputer Virtual (Guest). Untuk terhubung ke jaringan internet Komputer Guest akan menggunakan IP dari komputer host untuk terhubung ke jaringan Internet. dengan begitu Komputer Guest akan dapat melakukan ping ke Komputer Host tetapi Komputer Utama (Host) tidak bisa melakukan ping ke Komputer Virtual (Guest). Kamu dapat menggunakan jaringan ini untuk web browsing, download file, update dll dengan menggunakan komputer guest.

  • Bridge Adaptor


Mode jaringan ini digunakan untuk menghubungkan virtual computer ke real computer dengan menggunakan jembatan (bridge), seperti HAB atau Switch. Untuk dapat terhubung , computer virtual dan real harus menggunakan kabel LAN serta menggunakan IP Address dengan kelas dan network yang sama.

  • Host-only Adapter


Sesuai dengan nama adapternya, Mode Host-only digunakan untuk menghubungkan komputer virtual (guest) dengan komputer fisik (host) dengan hanya menggunakan jaringan komputer fisik (host).jadi komputer virtual hanya
dapat terhubung ke host dan sebaliknya. untuk dapat saling terhubung digunakan settingan ip pada komputer fisik dan komputer virtual settingan tersebut dilakukan pada adaptor network virtual. jaringan ini biasanya digunakan untuk konfigurasi jaringan, seperti mikrotik, konfigurasi dns server, web server, samba (file share), ftp.

  • Internal Network


Pada mode jaringan ini dugunakan untuk menghubungkan komputer-komputer virtual yang terdapat atau terinstall pada virtualbox, jadi hanya os virtual saja yang dapat saling berkomunikasi dengan menggunakan jaringan internal.


Sebenarnya masih terdapat 3 pilihan mode termasuk Not Attached yang terdapat pada Adaptor Virtualbox, namun type jaringan yang paling sering digunakan yaitu 4 type jaringan diatas.


Artikel terkait:


Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat serta membantu kawan disana yang sering menggunakan virtualbox untuk konfigurasi yang memanfaatkan mode jaringan diatas, atau  hanya sekedar coba-coba saja. Terima kasih karena telah mampir ke blog saya. Jika ada koreksi atau sekedar sharing dari kawan-kawan mengenai artikel diatas saya akan senang sekali menerima komentar tersebut.


Wa’sallamualaikum Wr. Wb 

0 Response to "Pengenalan Mode Jaringan Pada VirtualBox | WaroungTKJ"

Post a Comment